--> Skip to main content

Mengatasi BBM Lemot


Dulu gw kaga tau kalo bbm lemot trus mita temen2 ping gw. skrg gw tau itu salah!!! so di himbau untuk semua pengguna Blackberry smartphone, harap jangan minta PING yang banyak dari pengguna ввм lainnya kalau ввм sedang lemot.

PING pada Blackberry bukan bermaksud untuk memperlancar jalannya ввм.. PING digunakan apabila pengguna ввм yang kita tuju tidak membalas, atau mungkin belum membaca ввм dari kita, sehingga kita
dapat melakukan PING untuk mengingatkan mereka. Fungsinya sama seperti BUZZ pada Yahoo Messenger.

Perlu diingat, PING tak ada bedanya dengan mengirim chat ввм biasa. Jadi apabila kita mengirim broadcast message untuk menyuruh semua contact melakukan PING, bisa dibayangkan betapa makin sibuk nya server ввм kita..

Bayangkan saja seperti ini :
Kamu berada dalam sebuah mall besar, dengan 100 pintu keluar, lalu kamu berteriak minta tolong kepada 250 orang diluar mall untuk masuk kedalam menolong kamu. Tentunya 250 orang tersebut akan berlomba-lomba masuk melalui 100 pintu yang ada. Bila semua pintu digunakan orang untuk masuk, tentu kamu harus mencari dan menunggu ada pintu yang kosong untuk keluar.

Sama halnya dengan server pada Blackberry. ввм lemot bukan 100% berarti operator kita yang tidak bagus. Melainkan akses server ввм pusat yang sangat sibuk. Apalagi seperti yang kita tau, server Blackberry cuma ada satu2nya di Eropa.

Bayangkan dalam satu waktu seluruh org didunia sedang mengirimkan chat ввм. Bayangkan didalam Mall tadi, bukan cuma kamu yang meminta tolong. Dengan tersedianya pintu keluar yg terbatas, tentu akan terjadi antrian yang cukup lama untuk dapat keluar melalui pintu tersebut.

Gimana? Dapat pesan dari ceritanya?
Be smart guys.. :)

Lalu bagaimana cara untuk me-minimal-kan akses yang lemot?

>> Lakukan Diagnostic Test
Daripada menyuruh seluruh contact untuk melakukan PING, lebih baik kalian melakukan Diagnostic Test(DT). DT akan mencoba melakukan refresh jalur akses menuju server Blackberry sehingga jalur yang kita pakai akan bersih kembali (kurang lebih pengertiannya seperti itu).

Cara melakukan DT :
1. Pilih option di menu utama
2. klik Mobile Network
3. Pencet menu (logo BB)
4. Pilih & klik Dianostic test.
5. Pencet menu (logo BB)
6. Klik RUN
7. Tunggu hingga selesai (complete). Biarkan BB bekerja sendiri melakukan perawatan & perbaikan2 koneksi2nya.

Sudah mengerti??
Ingat gunakan PING untuk seperlunya.
Blackberry adalah smartphone, oleh karena itu jadilah pengguna yang smart pula. :) 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar