--> Skip to main content

Cara Reset Blackberry


Nah, BlackBerry sudah ditangan dan semua fungsi telah berjalan. Seiring berjalannya waktu, tentu saja terjadi penurunan kinerja. Bisa dikarenakan kapasitas memory yang terus berkurang, atau memang umur perangkat. Dan terkadang, kita memerlukan yang namanya reset. Sebelum Anda me-reset, ketahui dulu tipe-tipe reset yang Ada pada BlackBerry. Hal ini penting. Jika pada saat menginstall program/aplikasi baru, Anda cukup melakukan Soft Reset dll. Berikut tipe reset device blackberry, yaitu:


1. Soft Reset


Cara sangat ampuh untuk membersihkan log (log cleaner). Caranya cukup mudah; hanya dengan menekan tombol [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete]

2. Double Soft Reset

Double Soft Reset ini akan membuat SEMUA aplikasi BlackBerry berhenti. Caranya, lakukan soft reset terlebih dahulu hingga layar menjadi hitam, kemudian tekan sekali lagi [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete]. Layar akan blank beberapa saat. Tunggu sampai ikon jam pasir muncul dan system menyala sebagaimana mestinya.

3. Hard Reset

Hard Reset HANYA dilakukan JIKA terjadi masalah pada network (jaringan), software maupun hardware. Reset tipe ini dapat dilakukan dengan cara mencabut baterai selama kurang lebih 30 detik, kemudian pasang kembali baterainya. Di BlackBerry milik Saya (curve 8520 a.k.a Gemini), saat baterai dipasang, dia akan menyala dengan sendirinya. Jika tidak menyala, Nyalakan BlackBerry Anda secara manual, yakni dengan menekan tombol gagang telepon berwarna merah (end call button).

4. Wipe Handheld

Jika 3 cara di atas masih belum bisa menormalkan kembali fungsi Blackberry Anda, silakan gunakan tipe Wipe Handheld ini. Wipe Handheld pada prinsipnya sama dengan Hard Reset, hanya saja, hasilnya lebih “serem”; BlackBerry Anda seperti diinstal ulang, baik sistem maupun softwarenya. INGAT! Sebelum melakukan tipe 4 ini, Anda WAJIB membackup data terlebih dahulu ke dalam komputer.

Setelah data sudah terbackup sempurna, proses ini dapat anda kerjakan, dari menu BlackBerry pilih Options kemudian Security Options lalu General Setting dan tekan tombol menu BlackBerry dan pilih Wipe Handheld. Beri tanda centang pada opsi Include Third party Application untuk meremove data-data aplikasi yang terinstal di BlakcBerry. Kemudian, pilih Continue, lalu ketikan blackberry.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar